TEROBOSAN TEKNOLOGI DI ERA INDUSTRI 4.0

Perkembangan teknologi ibarat pedang bermata tiga. Untuk pertama kalinya dalam dekade 2020an teknologi mampu menggantikan peran manusia dalam dunia industri. Dampak positif juga akan dirasakan dengan terciptanya pekerjaan-pekerjaan baru yang mana ini akan mengkolaborasikan manusia dan teknologi. Maka dari pada itu manusia di tuntut untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan terus berinovasi. Dalam dekade 2020an tercatat beberapa inovasi teknologi yang paling berdampak di era revolusi industri 4.0.

Credit: Techsolution

Pertama, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence, AI) yang merupakan suatu program komputasi yang dapat membuat mesin bekerja layaknya kecerdasan manusia seperti mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan melakukan prediksi1. Teknologi ini mampu melakukan pekerjaan tunggal seperti Siri memahami ucapan manusia, hingga mampu mengalahkan kecerdasan manusia seperti Deep Blue yang mampu mengalahkan Garry Kasparov bermain catur.

Credit: Jackie Niam

Kedua, Internet of Things atau IoT merupakan konsep perluasan manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara kontinu dengan mesin atau objek fisik lainnya untuk transfer data dengan sensor jaringan dan aktuator tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Misalkan CCTV yang terpasang dihubungkan dengan koneksi internet dan terpusat di ruang control ataupun smartphone.

Credit: Starline

Ketiga, Blockchain sebuah sistem transaksi dan manajemen data digital yang disimpan oleh setiap node di jaringan dengan sistem peer to peer, tidak ada otoritas pusat yang mengelola arus transaksi. Sistem ini dibuat tersebar, sehingga blockchain menghapuskan peran perantara dan membuat biaya transaksi lebih murah. Perkembangan blockchain:

Generasi

Tipe Aplikasi

Contoh Aplikasi

1.0

Transaksi keuangan

Bitcoin

2.0

Kontrak cerdas

Ethereum

3.0

Pemerintah, sains

EOS

4.0

(sedang berkembang)

Seele

Sumber: Swan, 20152

Credit: Freepik

Keempat, Layanan 5G fifth generation of wireless technology (teknologi nirkabel generasi kelima). Meskipun layanan 4G di Indonesia masih belum tergantikan, namun di dekade 2020an ini muncul teknologi baru yaitu Teknologi 5G yang merupakan upgrading  dari layanan 4G, teknologi 5G mempunyai kemampuan data yang menakjubkan dan mampu menyatukan volume panggilan terbatas dan broadcast data tak terhingga di dalam sistem operasi mobile terbaru. Teknologi 5G dilengkapi dengan fitur mutakhir sehingga teknologi ini mampu melayani kebutuhan yang besar.

Credit: Freepik

Kelima, Cloud Computing atau komputasi awan merupakan teknologi penyimpanan data dalam bentuk digital yang tersambung dalam jaringan internet. Dengan munculnya teknologi ini akan membuat perubahan dalam cara kerja sistem teknologi informasi dan juga cara penyimpanan data sebuah perusahaan atau organisasi. Mengapa demikian? Karena penyimpanan cloud memiliki konsep visualisasi, standarisasi dan fitur yang  dapat memangkas biaya teknologi informasi, meringkas dan mempercepat pengelolaan layanan. Teknologi ini jelas memiliki tantangan kedepannya terkait keamanan, attact surface area, dan keberlanjutannya. Mari kita tunggu para innovator terkait menjawab tantangan tersebut.

Credit: Freepik

Keenam, Big Data yang berarti “data yang besar atau banyak”. Menurut penelitian, saat ini dunia telah memasuki Era Zettabyte (1 Zettabyte = 1021 byte) yang mana ini menjadi alasan kuat mengapa big data begitu booming karena ia memasuki era yang sesuai dengan manfaat yang ia tawarkan. Big data merupakan terobosan baru yang erat kaitannya dengan pengelolaan, dan analisis data dengan berbagai macam format, dimana jumlah data yang diolah, disimpan dan di analisis amat besar dan peningkatannya yang begitu cepat.

 

Itulah enam (6) terobosan teknologi di era industry 4.0 yang memiliki dampak yang besar terhadap kemajuan peradaban ini.

Bagaimana menarik bukan? tunggu artikel terkait selanjutnya yang akan mengupas banyak hal terkait inovasi teknologi terbaru

Catatan terkait:

1Russell, S. J. & Norvig, P. 2016. Artificial intelligence: a modern approach. Malaysia; Pearson Education Limited.

2Swan, M. 2015. Blockchain: Blueprint for a new economy. O’Reilly Media, Inc.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp