Keren, Ide Pemasangan PLTS ini out of the Box !

Solar Power Road

Hai Sobat Elgie, PLTS adalah kunci dalam optimalisasi potensi energi surya yang dimiliki oleh Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa potensi energi surya di Indonesia sangatlah besar. Nilainya mencapai 112.000 GWp.  Pemerintah Indonesia melalui Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) telah menetapkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) pada tahun 2025 yaitu sebesar 23% dengan sumbangsih energi surya sebesar 6,5 GWp. Akan tetapi hingga semester pertama tahun 2020, kapasitas PLTS baru mecapai 146,6 MWp. Selain nilai investasi yang mahal kendala lain dalam pembanguan pembangkit energi surya adalah permasalahan lahan. Oleh karena itu pemasangan pada atap menjadi salah satu solusinya. Adakah solusi selain dipasang pada atap ? Berikut merupakan beberapa solusi tersebut :

1. PLTS Terapung

PLTS Terapung

Credit : warstek.com

Pada PLTS Terapung, panel surya diletakkan terapung pada permukaan air seperti danau, waduk, tambak, lubang bekas galian tambang bahkan laut. Pembangkit Energi Surya terapung memanfaatkan luasan permukaan air yang sebelumya tidak dimanfaatkan. Selain mampu memanfaatkan lahan yang ada, Pembangkit Energi Surya apung juga mampu untuk mengurangi terjadinya penguapan air, menghambat laju pertumbuhan gulma serta mampu meningkatkan efisiensi dari panel surya karena memiliki sistem pendingin yang baik. Indonesia patut berbangga karena akan memiliki Pembangkit Energi Surya Terapung terbesar di ASEAN yaitu PLTS Terapung Cirata dengan kapasitas terpasang sebesar 145 MWp.

2. PLTS Lahan Pertanian

Lahan Pertanian

Credit : builder.id

PLTS Lahan Pertanian merupakan Pembangkit Energi Surya yang dipasang diatas lahan pertanian produktif. Jadi, diatas lahan tersebut, selain menghasilkan produk pertanian, juga menghasilkan energi listrik. Adanya proses pengairan pada laha pertanian juga memberikan dampak positif pada panel surya karena mampu meningkatkan nilai efisiensinya.

3. PLTS Road

Solar Power Road

Memanfaatkan akses jalan untuk dipasangi panel surya juga merupakan salah satu solusi jitu. Adanya fungsi ganda membuat pemasangan panel surya menjadi lebih efisien karena tidak membutuhkan lahan tambahan. PLTS Road pertama kali dipasang serta duji coba di Tourouvre, Prancis pada Desember 2016 sepanjang 1 km dengan potensi energi listrik yang dihasilkan sebesar 150,000 kWh pertahun. Akan tetapi pada pertengan Juli 2019, Pembangkit Energi Solar Road tersebut dikabarkan gagal karena panel surya mengalami kehancuran. Engineer yang mendesign panel surya tersebut tidak memperhatiakn aspek tekanan dan berat dari kendaraan berat yang melewati panel surya tersebut sehingga menyebabkan kerusakan. Meskipun demikian, akan dilakukan perbaikan lanjutan sehingga Panel Surya yang dipasang pada jalan dapat bener-benar dipergunakan.

Gimana sobat elgie, keren bukan ?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email