Luar Biasa Temuan Teknologi Di Masa

Pandemi COVID-19

Hinggap bak langau titik bak hujan, seperti itulah peristiwa yang terjadi di akhir tahun 2019 tepatnya pada bulan Desember dunia digemparkan dengan sebuah virus yang dikenal dengan nama virus corona (COVID-19).

Pada masa pandemi ini hampir semua sektor mengalami kelumpuhan baik itu kalangan masyarakat hingga pelaku indutri. Para ilmuwan/insinyur berusaha mencari solusi untuk dapat melawan virus ini. Pengembangan terobosan teknologi COVID-19 yang bermanfaat di masa pandemi terus dilakukan. Hal ini di sinergikan antara para ilmuwan dan pelaku industri agar teknologi ini dapat diterapkan.

Lalu Teknologi apa saja yang yang berhasil diciptakan di era COVID-19, berikut paparan:

1. GeNose C19

Credit: Sigid Kurniawan

GeNose C19 merupakan teknologi pengendus elektronik cepat yang dikembangkan oleh tim riset asal Universitas Gajah Mada (UGM). Teknologi ini memiliki sensitivitas yang tinggi untuk mendeteksi COVID-19 melalui hembusan nafas dan yang tak kalah menarik teknologi ini memiliki biaya yang relatif murah. Teknologi pertama yang diciptakan anak bangsa ini terhubung dengan sistem cloud computing loh sobat elgie, untuk mendapatkan hasil diagnosis secara real time dan cepat dengan tingkat akurasi yang tinggi mencapai hampir 97%.

Berbeda dengan swab test PCR yang memakan waktu beberapa hari dalam proses pemeriksaannya. GeNose C19 dapat mendeteksi COVID-19 hanya dalam hitungan menit dan tanpa menimbulkan rasa sakit. Analisis datanya juga menggunakan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dengan biaya per test berkisar 15.000 sampai 25.000 dan GeNose C19 telah mendapatkan izin edar Kemenkes RI. Bagaimana sangat menarik bukan?

2. CePAD

Credit: minews.id

CePAD merupakan alat berbasi antigen yang mendeteksi protein virus dengan viral load tinggi di awal infeksi sebelum terbentuk antibodi sehingga memiliki manfaat untuk mengurangi potensi penyebaran virus COVID-19. Teknologi ini dikembangkan oleh tim riset asal Universitas Padjajaran (UNPAD). Saat dilakukan validasi dari serangkaian hasil uji klinis, yang sudah melampaui syarat akurasi untuk antigen test dari WHO yaitu lebih dari 80%. CePAD telah mendapatkan izin edar Kemenkes RI.

3. Geo MapID

Credit: mapid.io

Platform ini merupakan inovasi startup milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang digunakan untuk pemetaan Kebutuhan APD di Indonesia.

4. Fight COVID-19

Credit: Grid.id

Fight COVID-19 merupakan aplikasi pemantau sebaran virus korona yang diciptakan oleh Ahmad Alghozi, alumni Telkom University. Aplikasi ini dapat diakses oleh pengguna android dengan fitur “tracking”; “tracing”; dan “fencing”.

5. QlueThermal COVID-19

Credit: GayaTekno.id

Qlue Thermal COVID-19 merupakan perangkat digunakan untuk memindai data suhu tubuh dan pelanggaran warga yang tidak menggunakan masker. Teknologi ini hasil kolaborasi antara Qlue dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

6. Robot Pintar

Teknologi ini mampu membantu tenaga medis dalam menangani penularan virus korona. Robot pintar ini dikembangkan atas kerjasama antara Rumah Sakit Universitas Airlangga (UNAIR) dan Robot Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan yang kedua untuk Robot Pintar AUMR, hasil kerjasama antara Telkom University dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Itulah terobosan teknologi anak bangsa di masa pandemi COVID-19, semoga teknologi-teknologi tersebut mampu menekan kasus penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Tetap Jaga kesehatan dan nantikan artikel menarik lainnya hanya di elgie.id !!!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email