Hai Sobat elgie, apakah kamu sudah punya resolusi ramah lingkungan untuk tahun 2021 ? Menggunakan tas belanja, menggunakan botol minum sendiri, membawa peralatan makan sendiri dan menggunakan transportasi umum mungkin jadi salah satu resolusi kalian, bukan ? Selain resolusi diatas, adakah yang lain ? Seperti mengganti detergen dan sabun yang biasa kita gunakan dengan sabun yang lebih ramah lingkungan misalnya ? Memangnya ada ya ? Jelas ada guys, namanya Sabun Lerak. Yuk cari tahu lebih banyak !

Apa itu sabun lerak ?

Sabun lerak adalah sabun yang terbuat dari buah lerak. Buah lerak berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Buah ini sangat banyak di temui di Indonesia karena iklimnya yang cocok. Buah ini mirip seperti kacang walnut, maka dari itu buah lerak juga disebut dengan soap nuts. Pohon lerak biasa tumbuh liar di hutan-hutan dengan ketinggian  450-1.500 mdpl.

Buah lerak memiliki segudang manfaat. Sifat emetik, tonik dan zat anti helmintik membuat buah lerak dapat dijadikan sebagai obat asma, epilepsi hingga tumor. Lalu, kandungan saponin yang dimiliki oleh buah lerak juga dapat dipergunakan sebagai biopestisida. Manfaat lain yang tak kalah pentingnya dari buah lerak yaitu dapat dijadikan sebagai sabun dan detergen.

Sebelum mengenal sabun dan detergen yang saat ini umum digunakan. Sabun dan detergen dari buah lerak sudah umum dipergunakan. Akibat isu lingkungan yang kian santer, penggunaan lerak sebagai sabun kembali muncul ke permukaan dan menjadi opsi untuk menggantikan sabun dan detergen yang umumya dipakai saat ini. Lantas, bagaimana cara pembuatannya ?

Cara Membuat Sabun Lerak

Credit : id.theasianparent.com

Cara membuat

Setidaknya terdapat dua cara dalam membuat lerak menjadi sabun. Pertama dengan cara direbus, kedua dengan cara di rendam. Berikut langkah langkahnya :

  1. Membuat dengan di Rebus

 

  • Rebus 250 gram buah lerak dengan air sebanyak 1 liter hingga daging leraknya empuk. Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam.
  • Biarkan dingin, air akan berwarna keruh serta diiringi dengan aroma seperti asam.
  • Tambahkan essential oil sesuai dengan selera.
  • Remas buah lerak hingga busa yang dihasilkan habis.
  • Kemudian saring buah lerak untuk dipisahkan dari air.
  • Air tersebut telah menjadi sabun lerak yang dapat digunakan untuk mencuci.

 

  1. Membuat dengan di Rendam

 

  • Masukkan buah lerak ke dalam wadah.
  • Tambahkan air hingga buah lerak terendam.
  • Rendam buah lerak tersebut hingga lunak.
  • Potong bijih lerak yang telah lunak menjadi kecil-kecil.
  • Campur hasil potongan bijih lerak dengan air hingga menghasilkan busa.
  • Sabun telah jadi dan siap digunakan untuk mencuci.

Mengapa dengan Sabun dan Detergen Konvensional ?

Seperti yang kita ketahui bahwa detergen konvensional sarat akan dampak negatif. Kandungan yang paling berbahaya dari detergen konvensional adalah surfaktan. Surfaktan dapat menurukna tegangan pada permukaan air sehingga membuat air akan lebih mudah berinteraksi dengan minyak serta minyak. Surfaktan juga bersifat racun dab berbahaya bagi lingkungan.

Melihat fakta demikian, sudah saatnya beralih ke sabun yang ramah lingkungan.  Lerak bersifat biodegradable sehingga tidak mencemari lingkungan. Fakta yang tidak kalah pentingnya, karena bersifat alami juga antimikroba, lerak aman untuk kulit termasuk kulit sensitif.

Bagaimana ? Tertarik dengan sabun lerak ? Yuk coba segera !