Sangat Memikat, Brand Mobil Listrik Ini Telah Mendunia

Mobil listrik sudah ramai di perbincangkan dengan segala keunggulan yang ia miliki, kendaraan listrik akan memulai fase baru dalam dunia transportasi yang ramah lingkungan. Masa depan energi bersih sudah dimulai, lalu brand mobil listrik apa saja yang sudah hadir dipasar dunia? mobil listrik tesla? toyota?

Berikut kami rangkum brand mobil listrik yang sudah mendunia:

1. Tesla

Credit: Marc Urbano

Mungkin sebagian dari kita, sudah tak asing lagi dengan brand mobil listrik Tesla. Yap, Tesla merupakan produsen mobil listrik yang berasal dari California, Amerika Serikat. Brand ini dilengkapi dengan motor berdaya 60 kWh, microprocessor controlled, dan baterai lithium-ion.

Didirikan pada tahun 2003 Tesla Roadster dikembangkan dan kemudian pada tahun 2008 diluncurkan ke public. Hingga mencapai puncak sepanjang tahun 2020, Tesla mencatat penjualan global sebanyak 499.550 unit. Tesla juga telah membangun sistem pengisian baterai dengan metode fast charging yang diberi nama Tesla Supercharger, berdaya 120 kW dengan waktu pengisian 30 menit dan dapat menempuh jarak 200 mil.

2. Nissan

Credit: Alpha Squad

Nissan, brand mobil ini meluncurkan varian mobil listrik dengan nama Nissan Leaf dan Nissan Kick e-Power. Nissan mengklaim sebagai produsen mobil listrik pertama yang menjual kendaraan berpenumpang secara massal di dunia. Nissan Leaf merupakan mobil listrik paling laris di dunia semenjak awal kemunculannya.

3. Renault

Credit: Sunday Times Drivng

Industri mobil listrik lainnya adalah Renault. Brand mobil listrik ini berasal dari Perancis, dengan mesin berdaya 97 HP dan mampu mencapai kecepatan hingga 53 mph (mill per hour). Salah satu varian yang diluncurkan yaitu Renault Twizy Sport F1 memiliki keunggulan mesin Kinetic Energy Recovery System (KERS) seperti yang dipakai pada mobil Formula 1.

4. Mitsubishi

Credit: Mitsubishi Motor

Setelah sukses bertahun – tahun didunia kendaraan bermotor, produsen mobil asal Jepang ini akhirnya meluncurkan mobil listrik yang diberi nama i-MiEV, brand ini telah dipasarkan di Jepang dan Eropa mencapai 60.000 unit. Mobil listrik i-MiEV mampu menempuh jarak sejauh 150 km dengan waktu pengisian full charge berkisar 7-8 jam. Pemerintah Jepang mensubsidi harga mobil listrik ini agar dapat terjangkau oleh masyaraktnya. Menariknya mobil listrik i-MiEV diberi nama berbeda dibeberapa negara, di Perancis dinamai (Peugeot iOn) dan di negara Eropa tertentu dijual dengan brand Citroën C-Zero.

5. Toyota

Credit: CarsGuide

Pabrik mobil terbesar asal Jepang ini, telah meluncurkan beberapa varian mobil listrik buatannya. Dimulai dari FT-EV I dan II yang merupakan city car mungil yang mengusung teknologi baterai baru, Lexus UX 300e hingga produk terbarunya Toyota Corolla Cross Hybrid.

6. Hyundai

Credit: CarWale

Perusahaan otomotif terbesar di Korea Selatan ini, berhasilkan mengaspalkan produk mobil listriknya dengan nama Hyundai Kona Electric. Mobil ini ditopang dengan baterai lithium-ion 38,3 kWh.

Mobil listrik saat ini bukan hanya menjadi trend namun sudah menjadi kebutuhan akan teknologi yang ramah lingkungan. Bagaimana menarik bukan. Tunggu artikel menarik lainnya terkait mobil listrik di elgie.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email