Wireless Charging Roads, Game Changer Industri Mobil Listrik !

Wireless Charging Roads

Dunia kendaraan listrik dihebohkan dengan keberhasilan uji coba Wireless Charging Roads pada Truck Listrik oleh Smartroad Gotland, Swedia. Wireless Charging Roads adalah sepanjang jalan yang dilengkapi dengan kemampuan untuk mengisi daya pada kendaraan listrik yang melintasinya. Pada uji coba yang dilakukan oleh Smartroad Gotland,  charging berhasil dilakukan pada kecepatan 18 m/jam dengan charging rate sebesar 45 kW sepanjang 164 kaki. Selanjutnya, Smartroad Gotland berencana untuk melakukan uji coba pada jalan cepat dengan charging rate sebesar 125 kW.

Fakta diatas seperti dunia imajinasi yang menjadi kenyataan. Jika sobat elgie pernah bermain game Asphalt atau game racing lain, terdapat salah satu bagian jalan tertentu yang jika mobil yang kita mainkan melewatinya maka boost power mobil kita akan bertambah. Hal itu kini menjadi kenyataan.

Inovasi ini tentunya akan semakin mendorong ekosistem dari kendaraan listrik menjadi kian masif. Selain itu, inovasi ini akan membantu upaya pengadaan fasilitas pengisian daya yang selama ini tergantung dengan Stasiun Pengisian Daya.

cara kerja wireless charging road

Credit : Jasprit S. Gill

Lantas, bagaimana Wireless Charging Roads bekerja ?

Jika sobat elgie telah familiar dengan wireless charging pada handphone. Maka prinsip kerja Wireless Charging Roads pun demikian. Teknologi yang dipergunakan bernama Inductive Charging. Aliran listrik berpindah melalui udara dengan jarak tertentu dari magnetic coil pada charger ke magnetic coil pada mobil listrik. Proses charging akan terjadi ketika dua magnetic coil sama sama berada pada posisi yang align. Selain posisi, jarak juga menjadi perhatian khusus. Prinsipnya, semakin dekat jarak antar coil maka proses charging akan semakin efisien.

Teknologi ini merupakan salah satu teknologi pendukung yang krusial dalam pengembangan teknologi mobil nirawak (Autonomous Car). Melalui teknologi ini, maka akan menambah utilitas dari mobil nirawak dan membuat mobil nirawak tidak membutuhkan feature untuk pengisian daya ke stasiun pengisian daya.

Berdasarkan update terakhir, pengembangan teknologi wireless charging roads difokuskan daya pengisian serta pada jarak optimum antar magneic oil. Poin terakhir berkaitan dengan desain mobil dan kondisi jalan yang berbeda beda di setiap negara. Selain itu, isu yang menjadi fokus dalam penngembangan teknologi ini adalah mengenai standarisasi teknologi ini agar dapat secara masif di implementasikan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email