Mengenal Lebih Dekat PLT Bayu

Bagaimana cara kerja PLT Bayu
Credit : Freepik

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi energi baru terbarukan yang sangat besar. Hal ini bukanlah tanpa alasan, mengingat Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki kondisi geografis yang sangat beragam, mulai dari pegunungan, hutan, daerah yang dilalui oleh jalur khatulistiwa, pantai, laut, dan lain sebagainya.

Salah satu energi baru terbarukan yang dapat dimanfaatkan di Indonesia adalah pembangkit listrik tenaga angin atau bayu (PLT Bayu). Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian ESDM, tercatat potensi energi baru terbarukan yang dihasilkan oleh angin adalah sebesar 60.6 GW.

Potensi sebesar ini salah satunya dihasilkan oleh kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau. Banyaknya pulau ini mengakibatkan Indonesia memiliki garis pantai yang sangat panjang, yaitu sebesar 81.000 km sehingga menjadi kondisi yang ideal untuk membangun dan mengimplementasikan teknologi pembangkit listrik tenaga angin atau bayu (PLT Bayu) di daerah pesisir pantai. Sehingga secara perlahan namun pasti dapat mengurangi ketergantungan akan energi fosil dan minyak bumi yang hingga saat ini masih digunakan secara massive.

 

Bagaimana cara kerja PLT bayu
Credit : greenbizcafe.com

Begini cara kerjanya

Pembangkit listrik tenaga bayu (PLT Bayu) dapat bekerja dengan memanfaatkan daya angin yang berhembus. Dari hembusan angin tersebut akan menciptakan sebuah driving force terhadap baling baling dan merubahnya menjadi energi kinetik dan mekanik, dan pada akhirnya akan merubah energi tersebut sehingga menghasilkan energi listrik yang dapat dimanfaatkan. Ingat hukum kekekalan energi? Energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan, melainkan diubah dari satu bentuk kebentuk yang lainnya.

 

Sederhananya PLT Bayu tersusun dari 4 bagian, yaitu rotor turbin, gearbox*, generator, dan pembebanan listrik. Ketika angin berhembus melewati baling baling, maka baling baling tersebut dan membuat rotor turbin berputar. Namun umumnya dikarenakan putaran baling baling cenderung rendah ,maka dari itu kehadiran gearbox amat sangat penting dalam instalasi PLT Bayu ini sehingga dapat mempercepat laju rotor turbin yang berputar.

Energi putaran yang dihasilkan dari gearbox kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Dari generator akan dialirkan ke transformer untuk mengalirkan listrik ke tegangan rendah atau tinggi sesuai dengan kebutuhan dan pada akhirnya listrik yang dihasilkan akan didistribusikan melalui jaringan yang ada.

 

*Jika kalian bingung apa itu gearbox, gearbox adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempercepat sebuah putaran yang terhubung dari suatu gerakan. Gearbox tersusun dari serangkaian gear yang memiliki level diameter yang berbeda. Sebagai contoh bayangkan saja alat yang biasa digunakan untuk mengurangi kandungan minyak dengan memanfaatkan gaya sentrifugal atau putaran. Tuas yang digunakan untuk memutar chamber dihubungkan melalui gearbox. Dengan demikian maka kita tidak perlu memutar tuas dengan frekuensi yang tinggi dan cepat untuk memutar chamber yang ada. Dengan usaha yang rendah dapat menghasilkan putaran yang tinggi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email