Gak Ada Matinya!!! True Wireless Charging

Apa itu True Wireless Charging? sebuah teknologi pengisi daya baterai pada perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, speaker, dan barang sejenis secara True Wireless dari jarak jauh tanpa perlu menempelkan perangkat ke charging Pad.

Teknologi ini memungkinkan untuk para penggunanya dapat mengisi ulang baterai beberapa ponsel atau perangkat sejenis sekaligus saat sedang digunakan untuk browsing, gaming, saat berjalan di ruangan, atau bahkan saat kondisi terdapat penghalang. Namun tetap memakai aturan dasar sebuah perangkat yakni, semakin dekat jarak perangkat, semakin baik pengisian daya.

Lalu komponen apa saja yang ada di balik Teknologi tersebut:

1. Tesla

Teknologi ini memanfaatkan kontruksi antenna dengan kualitas resonator yang tinggi sehingga dapat memperpanjang jarak pengisian daya perangkat dengan efektivitas yang lebih baik.

Terdapat banyak antena dalam teknologi ini terhitung mencapai 100 antena yang digunakan untuk mendeteksi lokasi perangkat elektronik dan mengirim gelombang milimeter-wide langsung ke dalam perangkat elektronik untuk mengisi daya.

Sehingga perangkat yang dapat menggunakan teknologi ini harus dilengkapi dengan antenna yang dapat menerima sinyal gelombang milimeter-wide kemudian diubah menjadi energi listrik menggunakan rectifier circuit.

2. Dynamic Networks

Credit: Link Springer

Komponen ini berguna untuk menyesuaikan pergerakan perangkat secara real-time dan pengenalan perangkat baru ke dalam bidang pengisian daya.

3. 3D Arrays

Credit: Behance

3D Arrays menggunakan teknik yang mirip dengan radar, komponen ini dapat memandu medan magnet ke perangkat Anda dalam ruang tiga dimensi.

Itulah komponen – komponen yang ada dalam teknologi True Wireless Charging, teknologi yang memungkinkan pengisian daya nirkabel berbasis kontak dan over-the-air untuk perangkat elektronik kecil dalam ekosistem yang memastikan interoperabilitas.

Era baru pengisian daya sudah dimulai, para pengguna akan dimanjakan dengan fitur yang cepat dan mudah. Namun hal ini jangan membuat kita terlena diam tanpa melakukan perubahan. Nantikan artikel menarik lainnya seputar energy, teknologi dan lingkungan hanya di www.elgie.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email