Memilih Lampu Tepat, Energi Hemat, Bumi Selamat

Lampu Hemat Energi

Sobat elgie, krisis iklim yang sedang dialami oleh bumi merupakan ancaman yang serius. Hal ini dipacu oleh pemanasan global yang kian mengkhawatirkan. Pada tahun 2020 lalu, bencana demi bencana menghantam tidak karuan sebagai dampak dari pemanasan global. Sudah sepatutnya umat manusia berbenah dan melakukan perubahan. Peralihan dari energi fosil ke energi baru terbarukan adalah sebuah keniscayaan. Disamping itu, penghematan energi juga menjadi peran.  Memilih lampu tepat penggunaan merupakan suatu langkah sederhana untuk ambil peran perubahan. Lantas bagaimana caranya ?

Hemat Energi

Credit : Freepik

Daya Lampu

Daya pada lampu ditandai dengan satuan Watt. Semakin besar daya pada lampu maka lampu akan semakin terang. Memilih lampu yang tepat berarti memilih daya lampu yang tepat. Selain dapat menghemat energi, memilih lampu yang tepat juga memiliki manfaat lain yaitu berkaitan dengan kesehatan mata. Misalnya dalam ruangan yang kecil dipasang lampu dengan daya yang besar, hal ini jelas akan menyilaukan mata, begitupun sebaliknya, jika pada ruangan besar dipasang lampu dengan daya yang kecil maka pandangan pun akan menjadi kurang jelas. Keduanya berdampak buruk bagi kesehatan mata.

Bagaimana caranya ?

Sebelum memilih lampu, langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan menentukan jumlah cahaya ideal yang diperlukan pada ruangan. Jumlah banyak cahaya dikenal dengan istilah lumen. Jumlah lumen ditentukan berdasarkan luas dari ruangan. Berikut merupakan tabel yang digunakan untuk menghitung kebutuhan lumen.

Sebagai contoh ruangan yang ingin dipasangi lampu berukura 4×4 meter, maka kebutuhan lumen sebesar 4.000. Setelah lumennya diketahui, langkah selanjutnya yaitu menentukan daya lampu yang akan dipergunakan. Tabel dibawah ini dapat dijadikan sebagai pedoman.

Tabel Lampu

Berdasarkan tabel diatas, agar dapat mencukupi kebutuhan 4.000 lumen maka terdapat beberapa pilihan lampu diantaranya :

5 lampu pijar 75 W

5 lampu halogen 43 W

5 lampu CFL 14 W

5 lampu LED 13 W

Dari pilihan diatas, pilihan terbaik ada pada 5 lampu LED 13 W karena lebih hemat energi dan biaya pastinya. Sudah siap untuk memilih lampu yang tepat ? Yuk lakukan segera. Sedikit langkah kecil, mampu memberi perubahan besar.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email