Mungkin semua sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata Revolusi Industri 4.0. Sebuah era perubahan besar yang terjadi pada dunia dengan hadirnya internet of things hingga sistem cloud computing yang membuat semua lini proses kehidupan menjadi sangat mudah dan cepat. Lalu bagaimana dengan Pertanian 4.0? Pertanian 4.0 adalah pertanian dengan penerapan teknologi 4.0 seperti artificial intelligence, robot, internet of things, drone, blockchain, dan big data analitik, untuk menghasilkan produk pertanian yang unggul, efektif, efisien, dan berkelanjutan.

Hal ini muncul karena adanya perkembangan teknologi 4.0 yang begitu cepat. Semua lini kehidupan sedang memulai menerapkan teknologi 4.0, salah satunya adalah Pertanian.

Bentuk upaya pemerintah untuk menghadapi era baru pada bidang pertanian ialah dengan menghadirkan teknologi mutahir berbasis online untuk digunakan para petani. Apa saja aplikasinya berikut kami rangkum:

1. Smart Farming

Credit: Arabian Busines

Smart Farming 4.0 yakni sebuah metode pertanian cerdas berbasis teknologi seperti Agri Drone Sprayer (Drone penyemprot pestisida dan pupuk cair), Drone Surveillance (Drone untuk pemetaan lahan) serta Soil and Weather Sensor (Sensor tanah dan cuaca).

Teknologi yang diciptakan oleh anak bangsa ini merupakan hasil produksi RiTx, unit bisnis PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa, sebuah perusahaan teknologi agrikultur dari Yogyakarta.

Penerapan teknologi ini pada sektor pertanian mampu meningkatkan potensi daerah di Indonesia yang bermata pencaharian sebagai petani.

2. Smart Irigation

Credit: Pakissan.com

Teknologi irigasi cerdas berbasis Internet of Things (IOT). Teknologi yang dikembangkan dengan sistem sensor pembacaan kondisi lahan seperti kadar air tanah, pemberian unsur hara dan lingkungan sekitar serta sistem control untuk mengatur katup irigasi (buka/tutup) dengan menggunakan mikrokontroler yang dapat terhubung dengan web server.

Smart Irigation ini dapat dikontrol menggunakan tablet, pc dan smartphone. Smart Irrigation memiliki keunggulan yaitu memiliki sensor otomatis yang akan mati apabila cuaca sedang turun hujan, karena air bisa didapatkan dari air hujan tanpa harus menggunakan alat pengairan irigasi tersebut dan tidak lagi terjadinya penghamburan air.

3. Katam (Kalender Tanam)

Credit: BPTP Yogyakarta

Kalender Tanam atau Katam merupakan teknologi yang menyajikan informasi tanam dari tingkat provinsi hingga tingkat kecamatan di seluruh wilayah Indonesia yang akan selalu update (diperbaharui) setiap waktu (musism) dengan menghadirkan data terbaru dan kecocokan unsur hara.

Katam memberi informasi mengenai potensi pola tanam, luas areal tanam dan teknologi adaptif pada setiap daerah. Teknologi ini dikembangkan berdasarkan prakiraan iklim per musim, dapat diintegrasikan dengan saran rekomendasi pemupukan, benih dan pengelolaan hama terpadu.

4. Si Mantap

Credit: Bitnewstoday

Teknologi yang diluncurkan oleh Kementerian Pertanian yaitu Si Mantap. Teknologi ini dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan sistem pertanian di Indonesia dengan sistem pemantauan jarak jauh yang akan menunjukkan fase perkembangan tanaman dan menentukan tindakan apa saja yang perlu dilakukan.

Aplikasi Teknologi Pertanian Modern (Tanam) berbasis Android  dapat dijangkau di seluruh Indonesia. Akan tersaji informasi dari hulu hingga hilir meliputi sentra produksi, kesesuaian lahan, varietas, dan sarana produksi pertanian.

5. Smart Green House

Credit: Helbanna

Sistem pertanian modern yang dapat mengatur dan memantau kelembapan tanah dan suhu udara pada Green House dengan menggunakan smartphone, pc ataupun tablet. Sama halnya dengan teknologi yang lain Smart Green House juga memanfaatkan informasi teknologi khususnya internet of thing dan artifisial intelijen. Jadi semua yang disini sudah menggunakan sensor yang dilengkapi dengan big data.

Bangunan Smart Green House juga dilengkapi dengan Exhause Fan, Evaporating Complete System dan Panel kontrol untuk sensor suhu dan kelembaban.

Hadirnya teknologi diatasmenjadi kabar baik dalam sektor pertanian di Indonesia yang diharapakan akan semakin maju dan jaya. Bagaimana menarik bukan? Nantikan artikel menarik lainnya hanya di elgie.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email