Teknologi Penanggulangan Banjir

Delta Plan

Di awal tahun 2021, beberapa daerah di Indonesia ditimpa bencana banjir. Bencana banjir di Indonesia di mulai dari Kalimantan Selatan tepatnya pada tanggal 9 Januari 2021. Sebanyak 8 Kota dan Kabupaten terdampak. Banjir ini disinyalir sebagai banjir terbesar sepanjang sejarah yang terjadi di Kalimantan Selatan. Bencana banjir berlanjut ke Sumedang, Manado, Paniai, Semarang, Pekalongan dan Jakarta. Menurut para ahli, serangkaian bencana yang terjadi disebabkan oleh krisis iklim yang semakin menunjukkan dampaknya. Diantara berbagai upaya lain, Teknologi Penanggulangan Banjir juga meruapakan salah satu solusi.

Dampak dari Banjir

Berdasarkan data dari BNPB. Bulan Januari 2021 merupakan jumlah kejadian banjir tertinggi sejak tahun 2008 yaitu sebesar 177 kejadian. Bencana banjir 2021 hingga 11 Februari telah mengakibatkan 213 orang meninggal, 12.000 orang luka-luka dan hampir 2 juta orang mengungsi.

Disamping itu, kerugian materil dari Banjir juga tidak dapat disepelekan. Banjir di Kalsel sendiri ditaksir memberikan dampak kerugian mencapai Rp 1,3 Triliun. Jumlah tersebut hampir sama dengan kerugian yang terjadi pada banjir Jakarta tahun 2020 sebesar Rp 1 Triliun.

Teknologi Penanggulangan Banjir di berbagai Negara

Bendungan

 

Bendungan dapat mengurangi debit air yang melintasi sungai dengan cara menampungnya. Air yang tertampung dapat mengurangi resiko terjadinya banjir. Bendungan Mount Morris dan Seven Oaks di Amerika Serikat merupakan contoh dari bendungan yang telah sukses mengurangi terjadinya bencana banjir.

Terowongan SMART

 

SMART merupakan singkatan dari Stormwater Management and Road Tunnel. Terowongan ini terdapat di Kuala Lumpur, terowongan ini bertujuan sebagai saluran air raksasa yang mampu menanggulangi banjir. Setelah banjir surut, terowongan dipergunakan sebagai jalan t

Credit : automology

Delta Plan

Credit : holland.com

Delta Plan

Delta Plan adalah bendungan laut raksasa yang terletak di belanda untuk pengendalian banjir yang disebabkan oleh air rob.

Tanki Bawah Tanah

Tanki bawah tanah merupakan salah satu upaya pemerintah Jepang dalam melindungi kota Tokyo dari banjir. Tangki raksasa ini terdapat di kedalam 22 meter di bawah tanah.

Hal lain yang lebih penting dari teknologi diatas adalah mengendalikan krisis iklim yang tengah terjadi melalui pengurangan emisi gas karbon. Semua tergantung diri kita masing-masing. Ingin jadi bagian dari penyelamat bumi atau penghancur bumi.

Tangki Raksasa Tokyo

Credit : merdeka.com

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email