Indonesia kembali membuat dunia terpukau dengan kepiawaiannya dalam membuat peralatan perang. Peralatan perang tersebut salah satunya dibuat oleh PT Pindad yang mana selalu menjadi perhatian dalam dan luar negeri atas produksi alat perang yang sangat canggih.

Banyak peralatan perang ciptaan PT Pindad yang sukses membuat dunia takjub, seperti senapan SP2 Kopassus hingga Panser Badak. Selain peralatan tersebut, ada juga peralatan perang lainnya buatan Indonesia yang menjadi primadona dunia. Berikut kami rangkum:

1. Peluru

Credit: Media Pakuan

Peralatan yang diproduksi oleh PT Pindad, telah mengekspor amunisi kaliber kecil yaitu 5,56 mm ke negara Amerika Serikat. Marketing Manajer PT Pindad, Sena Maulana, mengatakan selain ekspor ke Amerika pihaknya juga telah mengekspor amunisi ke Singapura dan Thailand. Selain itu, pada tahun 2000, Pindad juga pernah mengekspor amunisi ke Nigeria.

2. Hulu Ledak

Credit: Wikipedia

Indonesia membuktikan teknologi pertahanan nasional mampu bersaing dengan negara-negara maju. Hulu ledak asap buatan Indonesia memiliki keunggulan dari sisi aerodinamis trajectory dan mampu mengeluarkan asap selama dua menit setelah hulu ledak terjadi dalam sasaran.

Hulu ledak di ekspor oleh PT Sari Bahari, bersaing dengan 43 negara lain yang mengikuti tender internasional pengadaan hulu ledak asap bagi kebutuhan angkatan bersenjata Cile dan akhirnya perusahaan asal Indonesia PT Sari Bahari berhasil mengekspor hulu ledak asap (smoke warhead) kaliber 70 milimeter sebanyak 260 unit ke Cile.

3. Kapal Perang

Credit: Garuda Militer

Kecanggihan kapal perang buatan Indonesia telah membuat takjub negara luar. Kapal Perang PKR-1 yang memiliki panjang 105,11 meter, lebar 14,2 meter, dan kecepatan 28 knot ini mampu berlayar selama 20 hari pada kecepatan 14 knot dan yang kedua Kapal Perang Strategic Sealift Vessel (SSV)-1 merupakan kapal perang canggih ciptaan mandiri anak bangsa.

Kedua kapal tersebut telah dipesan oleh beberapa negara Asia salah satunya yakni Kementerian Pertahanan Filipina yang berada di kelas Lloyd Register.

4. Panser Anoa

Credit: Pindad

Peralatan tempur ini sudah memiliki pelanggan setia yaitu Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Panser Anoa yang menjadi primadona ini diproduksi oleh PT Pindad. Kendaraan tempur ini dipergunakan untuk mengangkut personel di medan pertempuran.

Banyak yang sudah menjadi consumer Panser Anoa ini, seperti sejumlah negara tetangga (Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Thailand), negara di kawasan timur tengah (Kuwait, Yordania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar dan Mesir) menjadi pasar dari produk Pindad tersebut.

5. Senjata Api

Credit: Pindad

Uni Emirat Arab (UEA) telah menjalin kerja sama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Pindad (Persero) dan Continental Aviation Services untuk lisensi senapan SS2.

Menurut Menlu, UEA merupakan negara tujuan ekspor utama senjata api Indonesia di Timur Tengah.

Teknologi diatas menjadi bukti bahwa karya anak bangsa mampu bersaing di pasar global bahkan menjadi primadona bagi bangsa lain. Bagaimana menarik bukan? Nantikan artikel menarik lainnya hanya di elgie.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email