elgie.id – Pandemi COVID-19 di Indonesia sudah memasuki tahap vaksinasi secercah harapan agar pandemi segera reda. Penemuan berbagai macam teknologi vaksin terus diupayakan selain melalui proses penyuntikan, metode vaksinasi pun mulai dikembangkan secara beragam. Salah satu kabar yang membuat rasa penasaran adalah vaksin tanpa suntik yang akan segera hadir diakhir tahun 2021.

Ide ini diawali dari rasa takut sebagian orang terhadap jarum suntik. Karena umumnya, vaksin COVID-19 saat ini hanya dapat dilakukan dengan cara dimasukan ke dalam tubuh melalui metode suntik.

Metode vaksinasi tanpa suntikan ini masih memerlukan beberapa persetujuan. Seperti yang diterangkan, Soumya Swnaminathan seorang ilmuwan utama di World Health Organization (WHO) jika vaksin COVID-19 tanpa suntik ini mungkin akan segera tersedia.

Vaksin eksperimen ini diproduksi dengan teknologi berbeda dari vaksin COVID-19 yang sudah ada sekarang. Metode vaksinasinya ada yang lewat mulut dan hidung. Selain itu ada juga yang menggunakan metode tempelan di kulit.

Ia menambahkan, saat ini terdapat lebih dari 80 kandidat vaksin COVID-19 yang tengah dalam tahap pengembangan. Sebagian berada di tahap awal dan mungkin juga gagal atau tidak efektif dalam melawan virus tersebut.

“Kami senang dengan vaksin yang telah kita miliki. Akan tetapi kita bisa mengembangkannya lebih lanjut. Saya pikir, sampai tahun 2022, kita akan menyaksikan kemunculan vaksin yang lebih baik lagi,” ucap Swnaminathan.

Indonesia dan berbagai negara lain sudah melangsungkan injeksi vaksin COVID-19 bagi para warganya. Sekitar 122 dari 195 negara telah melaksanakannya walaupun masih banyak masalah seperti produsen vaksin kesulitan memenuhi tingginya permintaan.

Teknologi dapat memudahkan kehidupan dan dapat pula menjadi boomerang apabila tidak baik dalam pemanfaatannya, dengan hadirnya vaksin tanpa suntik ini diharapkan dapat mempermudah semua kalangan untuk mendapatkannya. Bagaimana menarik bukan? Nantikan artikel menarik lainnya hanya di elgie.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email