Wuling Hongguang Mini EV menarik perhatian industri kendaraaan listrik. Bagaimana tidak, Tesla Model 3 yang merupakan mobil listrik terlaris pada tahun 2020 harus rela tergeser posisinya di awal tahun 2021 oleh Mobil Listrik yang baru dirilis pada Juli 2020. Wuling Hongguang Mini EV berhasil membukukan penjualan lebih dari 36,700 unit pada Januari 2021, sedangkan Tesla Model 3 terjual lebih dari 21,500 unit.

Wuling Hongguang Mini EV diproduksi berdasarkan hasil kerja sama antara Wuling, SAIC Motor dan General Motor. Mobil mini ini berkapasitas 4 penumpang dengan hanya memiliki 2 pintu. Sejauh ini, Wuling Hongguang Mini EV hanya dijual di China, akan tetapi perusahaan berencana untuk melakukan ekspansi sesegera mungkin khususnya untuk market Eropa.

Credit : carscoops.com

Daya Tarik Wuling Hongguang Mini EV

Salah daya tarik yang begitu memikat dari mobil ini adalah harganya yang begitu murah. Jika dibandingkan dengan Tesla Model 3 yang merupakan Mobil paling ekonomis dari Tesla. Harga Wuling Hongguang Mini EV lebih dari 1/7 Tesla Model 3. Wuling Hongguang Mini EV dibandrol dengan harga $5,000 (Rp 70 juta), sedangkan Tesla Model 3 $36,000 (Rp 504 juta).

Ada harga, ada kualitas. Harga yang terlampaui jauh antara Wuling Hongguang Mini EV dan Tesla Model 3 juga disertai dengan kualitas kendaraan yang berbeda. Berdasarkan ukurannya, Wuling Hongguang Mini EV memiliki panjang 115 inch dengan lebar 59 inch, berbeda dengan Tesla Model 3 yang memiliki panjang 185 inch dengan lebar 73 inch.  Wuling Hongguang Mini EV hanya memiliki kapasitas 4 penumpang dengan tanpa adanya space untuk menyimpan barang. Sementara Tesla Model 3 memiliki kapasitas 5 orang penumpang dan memiliki 15 kubik feet cargo space. Ukuran yang jauh lebih kecil tidak serta merta membuat Wuling Hongguang Mini EV kehilangan pasarnya, justru dengan ukurannya yang lebih kecil membuat mobil ini sesuai dengan kebutuhan kaum urban yang memiliki keterbatasan pada area parkir. 

Selain harganya yang murah, Wuling Hongguang Mini EV tergolong kendaraan yang cukup handal. Mobil ini mampu menempuh perjalanan sepanjang 200 km dalam 1x proses charging dan kecepatannya dapat mencapai hingga 100 km/jam.

Melihat trend penjualan yang terus meningkat, bukan tidak mungkin wuling Hongguang Mini EV akan menguasai pasar mobil listrik di tahun 2021. Tertarik ? Mohon bersabar, karena saat ini baru dijual di China saja.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email