elgie.id – Google search merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di era digital ini. Apapun hal yang ingin diketahui dapat di cari melalui Google. Pembaharuan berita olahraga, info kesehatan, belanja online hingga mencari jurnal dalam dunia pendidikan. Semuanya mengandalkan mesin pencarian Google. Pada tahun 2020 trafik Google Search rata-rata mencapai 3,5 miliar per harinya. Namun, tahu atau tidak ada beberapa fitur tersembunyi Google Search yang mungkin dapat menarik perhatian anda untuk mencobanya.

Fitur ini juga bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari. Berikut kami rangkum fitur tersembunyi Google Search yang jarang diketahui oleh khalayak umum:

1. Trivia dan Games

Suatu fitur yang dapat menjadi hiburan di kala penat melanda. Tidak ada salahnya mencari hiburan di Google Search. Caranya masukan kata kunci “fun facts” di kolom pencarian Google maka akan muncul beberapa informasi singkat berupa trivia acak mengenai informasi apapun. Informasi tersebut dapat berupa sejarah suatu tempat, tokoh, film hingga pengetahuan astronomi.

Di bawah trivia, terdapat link yang mengarahkan pengguna untuk menggali lebih dalam tentang informasi tersebut. Di bawah trivia terdapat beberapa games ringan untuk menghibur diri dari rasa bosan.

Klik anak panah ke bawah dan akan muncul deretan games ringan seperti Snakes, Tic Tac Toe, Solitaire, Putar Gasing, dan permainan lainnya.

2. Pencarian Domain

Saat anda melakukan pencarian di mesin Google Search, anda sering di sajikan berbagai macam situs yang membingungkan untuk dapat masuk ke dalam halaman tersebut salah satunya situs Pemerintahan.

Nah, ada caranya. Cukup dengan menambahkan “site: (domain)” di depan kata kunci. Sebagai contoh, ingin mencari informasi terkait corona dari pemerintah daerah Kota Bogor, maka keyword yang dimasukan ke Google Search adalah “site:go.id corona Bogor“. Kemudian, pencarian teratas yang muncul adalah situs resmi dari pemerintah Kota Bogor terkait corona. 

3. Pencarian IP Address

Anda bisa mengetahui alamat IP lewat Google Search dengan memasukan kata kunci “my ip” atau dalam bahasa inggris “what is my ip”. Kemudian, Google akan langsung memberikan IP address yang kamu butuhkan.

Bagaimana menarik bukan? Nantikan artikel menarik lainnya hanya di elgie.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email