Skotlandia, sebuah negara bagian di Britania merupakan salah satu negara tertua di Dunia. Skotlandia resmi menjadi sebuah negara sejak tahun 843 Masehi. Raja Kenneth MacAlpin menjadi pemimpin negara tersebut. Skotlandia memiliki luas wilayah sebesar 80.299 km2 dengan 2% luas area berupa perairan. Secara populasi, Skotlandia berada di posisi kedua diantara negara bagian Britania lainnya. Pada tahun 2020, sebanyak 97,4% kebutuhan listrik Skotlandia dipasok oleh Renewable Energy. Bagaimana Renewable Energy mampu menghubungi rakyat Skotlandia ?

Credit : bbc.com

Renewable Energy di Skotlandia

Skotlandia merupakan negara yang cukup progresif dalam pemanfaatan Renewable Energy. Perjalanan panjang pemanfaatan Renewable Energy di Skotlandia dimulai sejak 20 tahun silam dengan memasok sekitar 10% dari total kebutuhan energi nasional. Jumlahnya terus mengalami peningkatan dan pada tahun 2020 telah mencapai 97,4% dan ditargetkan akan mencapai 100% pada tahun 2030.

Renewable energy di Skotlandia berasal dari berbagai sumber, antara lain onshore wind, offshore wind, hydropower, solar PV dan biomass.  Onshore wind merupakan pemasok energi terbesar dengan nilai sebesar 70%, kemudian diikuti oleh hydropower dan offshore wind. Renewable Energy Power Plant terbesar yang dimiliki oleh Skotlandia adalah Beatrice Offshore Wind Farm dan Seagreen Wind Farm. Beatrice Wind Farm mampu mencukupi kebutuhan sekitar 450 ribu rumah, semetara Seagreen Wind Farm memiliki kemampuan yang lebih besar lagi yaitu mampu untuk mencukupi kebutuhan sebanyak 1,3 juta rumah.

Manfaat dari Renewable Energy di Skotlandia begitu dirasakan oleh rakyat disana. Lebih dari 7 juta rumah tangga mendapatkan manfaat langsung dari energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit Renewable Energy mereka. Selain itu, Renewable Energy berhasil menyerap lebih dari 17.700 tenaga kerja. Hal ini jelas memberikan dampak sosial, ekonomi dan lingkungan yang begitu besar.

Komitmen Skotlandia terhadap Climate Change

Komitmen Skotlandia terhadap mitigasi Climate Change tidak perlu diragukan lagi. Tahun 2016 merupakan tahun terakhir beropeasinya pembangkit listrik tenaga uap yang mempergunakan batu bara. Skotlandia sendiri menargetkan dapat mencapai net-zero emissions pada tahun 2045. Bagaimana dengan Indonesia ?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email