elgie.id – Machine learning yang merupakan cabang dari artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akhir – akhir ini sangat menarik perhatian. Mesin ini dapat belajar layaknya manusia, dan mampu mengadaptasi kemampuan manusia.

Teknologi ini bertumpu pada sistem atau algoritma yang terus belajar dari data dan meningkatkan akurasinya dari waktu ke waktu tanpa pemrograman tertentu.

Dalam teknologi machine learning, algoritma dilatih untuk menemukan pola dan fitur tertentu dalam jumlah data yang besar. Ini bertujuan untuk membuat suatu keputusan maupun prediksi berdasarkan data-data tersebut. Semakin bagus algoritmanya, akurasi keputusan dan prediksi sistem akan semakin baik.

Diibaratkan manusia yang menjadi semakin pintar jika banyak belajar, mesin yang mengolah semakin banyak data akan menghasilkan output yang semakin akurat.

Tanpa kita sadari machine learning telah menemani dan membantu berbagai aktivitas sehari – hari kita. Contoh dari kegunaan machine learning adalah:

1. Google Search

Google Search dapat menemukan konten paling relevan di dalam database. Sederhananya, google menggunakan bantuan algoritma data science untuk menemukan data baru, mencatat tentang data tersebut, dan kemudian menyimpan informasi itu (dengan beberapa akurasi) dalam database. Tujuan adanya algoritma pencarian ini tentu saja untuk memberikan pengalaman penelusuran terbaik bagi pengguna serta mempermudah menemukan apa yang dicari.

2. Netflix

Hal serupa berlaku pada Netflix yang bisa mengetahui preferensi film atau serial sesuai dengan apa yang selama ini telah ditonton oleh pengguna. Selain contoh-contoh tersebut, masih banyak lagi penggunaan machine learning untuk berbagai hal lainnya.

Machine learning bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan dunia dengan cara yang terukur. Aplikasi ilmu kecerdasan buatan ini pun bisa digunakan pada berbagai macam industri dan terus digunakan oleh pemilik industri besar dan peneliti agar dapat terus berkembang.

Bagaimana menarik bukan? Nantikan artikel menarik lainnya hanya di elgie.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email