elgie.id – Bukit Algoritma, Silicon Valley dengan Kearifan Lokal. Apa sih Silicon Valley? Mungkin sebagian orang belum tahu mengenai hal ini. Jadi ini merupakan nama sebuah tempat di San Fransisco, Amerika Serikat yang menjadi tempat berkumpulnya perusahaan – perusahaan IT terkemuka di dunia seperti Microsoft, Google, Facebook, Netflix, Intel, dan Tesla serta perusahaan IT besar lainnya. Wilayah ini menampung 2.000 perusahaan teknologi yang merupakan konsentrasi terpadat di dunia.

Tujuan didirikan tempat ini adalah untuk menciptakan suasana industri yang inovatif dan agar mudah untuk menjalin kerjasama. Kesuksesan tempat ini telah membuat nama Silicon Valley menjadi branding dan banyak ditiru oleh negara lain.

Hal yang sama terjadi di Indonesia yang akan menghadirkan Silicon Valley berbasis kearifan lokal di Sukabumi Indonesia yang diberi nama Bukit Algoritma. Kawasan ini akan dibuat untuk pengembangan inovasi dan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), robotic, drone hingga energi bersih (panel surya).

Proyek Bukit Algoritma akan dikerjakan oleh PT Amarta Karya (Persero) atau AMKA. Direktur Utama AMKA Nikolas Agung menyebutkan, untuk tahap awal proyek pembangunan selama tiga tahun ke depan, nilai total proyek diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 1 miliar euro atau setara 18 triliun rupiah.

Terdapat lahan seluas 888 hektar di Cikidang dan Cibadak. Sukabumi dipilih sebagai lokasi bukit Algoritma, karena letaknya yang strategis. Kawasan ini dilengkapi prasarana pendukung, seperti akses Tol Bocimi, Pelabuhan Laut pengumpan Regional (PLPR) Wisata dan Perdagangan Pelabuhan Ratu, Bandara Sukabumi Cikembar yang akan dibangun, serta Double Track KA Sukabumi.

Buki Algoritma diharapkan menjadi pusat penelitian dan pengembangan teknologi, serta pusat pengembangan sumber daya manusia di masa mendatang.

Bagaimana menarik bukan? Nantikan artikel menarik lainnya hanya di elgie.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email