elgie.id – Apa itu restorasi ekosistem? Restorasi Ekosistem merupakan upaya untuk memulihkan kondisi hutan alam sebagaimana sedia kala sekaligus meningkatkan fungsi dan nilai hutan baik ekonomis maupun ekologis. Izinnya yang dinamakan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Restorasi Ekosistem (IUPHHK-RE) dikeluarkan oleh Menteri Kehutanan. Lokasinya berada di hutan alam produksi.

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Setiap tahun dunia kehilangan 10 juta hektar hutan, kurang lebih sama dengan luas korea. Kerusakan ekosistem telah berdampak pada kesejahteraan hidup setidaknya 3,2 miliar orang, atau 40% dari populasi dunia. Sementara memulihkan 15% lahan yang dikonservasi ke fungsi semestinya bisa mencegah 60% kemungkinan kepunahan spesies.

Kegiatan pemulihan melalui agroforestri saja memiliki potensi meningkatkan keamanan pangan bagi 1,3 miliar penduduk dunia. Sehingga kegiatan Restorasi Ekosistem ini perlu dilakukan di lingkungan sekitar kita.

Restorasi ekosistem sendiri dapat mengembalikan unsur hayati (flora dan fauna) dan nonhayati (tanah, iklim, topograpi) suatu kawasan kepada jenis aslinya berikut keseimbangan hayati dan ekosistemnya. Bila selama ini kayu menjadi primadona, melalui restorasi ekosistem banyak jenis manfaat yang dapat dipetik. Mulai dari tanaman biofarmaka (obat) dan bioenergy, penyerap karbon, ekowisata dan ilmu pengetahuan, hingga jasa lingkungan.

Hasil kayunya juga dapat dimanfaatkan bersamaan dengan komoditas hasil hutan bukan kayu (non-timber forest products) seperti madu, jernang, rotan, bamboo, getah, dan buah – buahan.

Mari jaga lingkungan mulai dari diri sendiri, karena kita selaku manusia yang memanfaatkan hutan dan berkontribusi terhadap kerusakan hutan, degradasi lahan dan penurunan biodiversitas sumberdaya hayati. Melalui aksi berikut:

Menanam Pohon

Melakukan penanaman pohon di wilayah hutan yang gundul dan lingkungan sekitar. Berkebun di halamn rumah saja dapat menjadi bagian dari rekstorasi ekosistem.

Mengurangi Polusi Udara

Meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi, dan membakar sampah tidak sesuai aturan.

Menbersihkan Lingkungan

Melakukan aksi peduli terhadap lingkungan sekitar dengan membersihkan kawasan sekitar agar lingkungan tetap terawat dan terjaga.

Menghemat Listrik

Melakukan penghematan energi listrik berkontribusi dalam penurunan kerusakan restorasi ekosistem.

Menghemat Air

Aksi hemat air untuk menjaga ketersediaan air di masa yang akan datang sehingga terciptanya keberlanjutan ekosistem.

Bagaimana menarik bukan? Aksi Kecil Berdampak Besar. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di elgie.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Menanam Pohon