elgie.id – Umumnya sebuah pabrik menjadi pemicu terjadinya pemanasan global. Namun ada yang berbeda dengan pabrik satu ini, pabrik yang dibuat untuk dinginkan bumi. Penasaran? Berikut penjelasan lebih lanjut.

Orca merupakan pabrik milik perusahaan Climeworks dari Swiss yang tidak menambah pemanasan global, pabrik ini justru membuat dunia makin dingin. Gimana caranya?

 

Cara kerjanya dengan mengurangi jumlah gas rumah kaca yang membuat bumi semakin panas atau lebih tepatnya gas Karbon Dioksida (CO2).

Source: Carbfix

Jadi udara akan dihisap masuk ke dalam mesinnya mereka menggunakan mesin penghisap besar. Selanjutnya udara itu dilewatkan ke dalam filter yang hanya bisa menyaring karbon dioksida. Jadinya karbon dioksida ini akan menempel pada filter tersebut.

Setelah semua gas lain sudah keluar, filter tersebut akan dipanaskan sehingga gas karbon dioksida lepas dari filter dan langsung dialirkan ke dalam tanah.

Di dalam tanah, gas ini akan terjebak di dalam batu atau larut di cairan bawah tanah, bahkan bisa bereaksi dengan zat lain menjadi batuan baru. Maka dari pada itu gas tersebut tidak keluar keluar lagi.

Akibat tidak keluar maka gas tidak dapat menyerap energi sinar matahari dan membuat bumi semakin panas.

Bagaimana menarik bukan? Nantikan artikel menarik lainnya hanya di elgie.id

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email